Beranda | Artikel
Amalan yang Banyak Pahala di Bulan Ramadhan
Selasa, 16 April 2019

Amalan apa saja yang paling banyak pahala di bulan Ramadhan?

Kita bisa jawab dengan melihat prioritas dalam beramal:

  1. Beramal dengan mendahulukan yang wajib daripada yang sunnah.
  2. Beramal dengan melihat mana amalan yang lebih utama dari lainnya.

Amalan wajib yang didahulukan tentu saja shalat lima waktu, shalat berjamaah, puasa Ramadhan, zakat fitrah, dan zakat maal (bagi yang sudah memenuhi syarat). Amalan sunnah yang dianjurkan adalah shalat tarawih, mengakhirkan makan sahur, dan menyegerakan berbuka puasa.

Amalan yang utama dari amalan lainnya seperti iktikaf, beramal pada malam Lailatul Qadar, menyibukkan diri dengan Al-Qur’an, memberi makan berbuka puasa, umrah di bulan Ramadhan.

Yang jelas setiap amalan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya karena kemuliaan tersebut.

An-Nakha’i rahimahullah mengatakan, “Puasa sehari di bulan Ramadhan lebih afdhal dari puasa di seribu hari lainnya. Begitu pula satu bacaan tasbih (berdzikir “subhanallah”) di bulan Ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di hari lainnya. Begitu juga pahala satu raka’at shalat di bulan Ramadhan lebih baik dari seribu raka’at di bulan lainnya.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 270)

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullahmengatakan, “Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 271)

Semoga terus semangat beramal saleh di bulan Ramadhan. Semoga Anda para remaja diberikan taufik dan hidayah.


Your brother: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com



Artikel asli: https://remajaislam.com/1189-amalan-yang-banyak-pahala-di-bulan-ramadhan.html